Friday, August 21, 2020

Kesusastraan| Elechi Amadi

 Elechi Amadi adalah seorang sastrawan prosa berkebangsaan Nigeria. Sebagai seorang novelis ia dikenal sebagai sastrawan yang menggambarkan tentang cerita rakyat dan spiritualitas kehidupan di desa tradisional. 

Amadi berasal dari etnis Igbo. Ia lahir pada tahun 1934 di sebuah desa kecil di wilayah timur laut Nigeria, berdekatan dengan Port Hartcourt. Pada tahun 1959 ia menamatkan studi ilmu fisika dan matematika dari University College of Ibadan, institusi yang merupakan alma mater bagi sejumlah penulis terkenal Nigeria, seperti Chinua Achebe, John Pepper Clark, Christopher Okigbo, dan Wole Soyinka. Amadi kemudian bekerja sebagai seorang surveyor tanah, kemudian mengajar sains selama tiga tahun pada sekolah misionaris di Ahoasa dan Oba. Pada tahun 1963 ia bergabung ke dalam Angkatan Bersenjata Nigeria; dalam periode ini Amadi mengajar bahasa pada sebuah sekolah militer di Zaria, mesosialisasikan dialek Igbo di sana.

Novel pertama Amadi, The Concubine, menggabungkan detil psikologis dan pengamatan yang cermat mengenai seorang perempuan muda di desa yang bertarung menghadapi kekuatan-kekuatan spiritual. Penerbitan novel ini pada tahun 1966 berbarengan dengan proklamasi kemerdekaan Biafra sebagian besar wilayahnya dihuni oleh suku Igbo. 

Kedekatan Amadi dengan pihak Federal selama terjadi konflik membuatnya terkucilkan karena sebagian besar penulis dan sastrawan dari etnis Igbo berseberangan dengannya secara politis. Amadi bersekukuh untuk tidak menulis novel tentang politik; ia menganggap politisasi karya sastra sebagai "pelacuran kesusastraan (prostitution of literature)". Konsistensinya untuk tidak memuat unsur politik di dalam karya sastra ditunjukkan oleh Amadi melalui novel Sunset in Biafra: A Civil War Diary, disusul kemudian dengan The Great Ponds (1969) dan The Slave (1978), kesemuanya lebih menceritakan mitologi tentang kehidupan pedesaan. Ketiga karya ini menjadi trilogy yang terkenal.

Setelah perang berakhir Elechi Amadi menjadi dean of arts pada Rivers State College of Education (1985-1986) dan, kemudian commissioner for education di Rivers State (1988-1989). Pada tahun 1986 kembali Amadi menghasilkan karya, yang ia beri judul Estrangement. Kali ini Amadi menyoroti kehidupan perkotaan dengan mengeksplorasi dampak perang dengan menghimpun informasi dari sejumlah orang yang selamat dari perang tersebut. Memasuki era 1970an, Amadi menerbitkan empat karya, namun kali ini ia merambah ke genre drama. Keempat karya tersebut adalah Isiburu (1973), Peppersoup (1973), The Road to Ibadan (1973), dan Dancer of Johannesburg (1979). Dekade berikutnya ditandai dengan partisipasi Amadi di dalam penulisan karya ilmiah melalui tulisannya yang berjudul Ethics in Nigerian Culture (1982).


Kepustakaan:

Tuttle K. "Amadi, Elechi." Dalam: Appah A, Gates, Jr. HL. (eds.). (2010). Encyclopedia of Africa. Volume 1. Oxford University Press. hal. 95.