Sunday, September 29, 2019

Bahasa Inggris | Asal-usul kata

Pada kesempatan ini kita akan mempelajari tentang sejumlah kata di dalam Bahasa Inggris berdasarkan asal-usulnya. Sebuah kata atau istilah atau kemudian berkembang menjadi frasa, dan seterusnya, memiliki sejarah yang menarik bilamana ditelusuri secara mendalam. Dengan mengetahui asal-usul sebuah kata, kita akan dapat mempergunakan kata tersebut secara lebih tepat dan dapat memperbesar kemungkinan bagi kita untuk memberikan penjelasan kepada orang lain pada saat kita mengutarakan kata tersebut.

Mari kita mulai!

aborigine
Kata aborigine (aborigin) secara populer digunakan oleh orang untuk merujuk etnis yang mendiami benua Australia. Padahal aborigine memiliki arti 'penduduk asli' suatu tempat. Berbeda dari kebiasaan era modern, aborigine pada awal penggunaannya pada abad ke-16 justru merujuk kepada kelompok masyarakat pertama yang mendiami Italia dan Yunani. Kata aborigine berasal dari frasa bahasa Latin, yakni ab origine (dari awal). Adapun penggunaan aborigine sebagai sebutan untuk bangsa pribumi Australia berlaku sejak era 1820an.

adventure
Kata adventure di dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi 'petualangan'. Namun dari abad ke abad kata ini mengalami perubahan makna berkali-kali. Pada Abad Pertengahan adventure berarti 'segala sesuatu yang terjadi secara tiba-tiba' atau 'kesempatan atau keberuntungan'. Setelah itu kata adventure berubah makna menjadi 'tindakan yang berbahaya atau mendekati maut'. Sedangkan makna yang berlaku saat ini adalah 'sebuah kejadian menarik yang dialami oleh seseorang'. Kata adventure sendiri berasal dari bahasa Latin, yakni advenire yang berarti 'datang atau tiba'.

ambulance
Ambulans, demikian ejaan kata ini di dalam bahasa Indonesia, identik dengan kendaraan milik rumah sakit atau lembaga penyedia layanan kesehatan lainnya yang berguna untuk mengangkut pasien. Kata ini pertama kali digunakan dalam Perang Crimea dan pada awal perkembangannya berarti 'rumah sakit sementara yang berpindah-pindah' yang mengikuti pergerakan tentara dari satu tempat ke tempat lain. Istilah ambulance kemudian digunakan untuk menunjuk 'kendaraan atau kereta yang digunakan untuk mengangkut tentara yang luka-luka dari medan pertempuran'.  Kata ambulance berasal dari bahasa Prancis, yaitu hopital ambulant, yang secara harfiah berarti 'rumah sakit berjalan', namun memiliki akar bahasa Latin, yakni ambulare, yang berarti 'berjalan'.

bazaar
Masyarakat Indonesia sangat menyukai kegiatan berkunjung ke bazaar. Di dalam era yang bercirikan gaya hidup konsumerisme, kata ini sangat populer di tengah masyarakat. Bazaar berasal dari bahasa Persia yang memiliki arti 'pasar'. Kata ini masuk ke dalam bahasa Inggris melalui bahasa Italia, yakni bazzarro. Uniknya, di dalam perkembangannya secara resmi kata bazaar dianggap sebagai kata pinjaman dari bahasa Turki.

bicycle
Ya, siapa yang tidak mengenal kata ini? Di dalam istilah orang Indonesia kata ini berarti 'sepeda', atau 'sepeda onthel' (berasimilasi dengan bahasa Jawa). Kata bicycle bermula dari istilah velocipede (kaki cepat), namun kemudian di dalam perkembangannya kalah populer dari istilah bahasa Yunani, yaitu bikuklos (dua roda), yang kemudian berevolusi menjadi bicycle. Memasuki abad ke-19 terdapat sebutan lain untuk bicycle, yaitu bike.



REFERENSI

Cresswell J. (2010). Oxford Dictionary of Word Origins. Oxford: Oxford University Press.